Widget HTML #1

Desain Grafis Bukan Desain Gratis

Desain Grafis Bukan Desain Gratis

Bang editin dong :)

Disini admin akan mewakili para desainer-desainer grafis yang mengalami hal yang memilukan ini, mungkin hampir sebagian besar desainer grafis pernah mengalami hal ini. Yaitu diminta untuk membuat sebuah desain dan hanya mendapatkan ucapan "terimakasih", atau biasa disebut 2M bukan 2 Miliar, tapi "Makasih Mas"

Itulah kenapa tercipta slogan “Desain Grafis Bukan Desain Gratis”. Jujur saja admin juga sering mendapatkan hal ini, kalau suasana hati dan dompet sedang bagus, admin akan dengan senang hati dan, yahhh biasa saja, karena memang hobi admin adalah desain grafis.

Tapi ada kalanya suasana hati dan dompet sedang mengalami pancaroba, maka hal ini bisa membuat sakit kepala, walaupun hobi. Jika waktunya kurang tepat, maka hal ini bisa menjadi sebuah beban bahkan kita akan menganggapnya sebuah cobaan kehidupan.

Tidak berlebihan jika admin menyebut hal ini sebagai cobaan kehidupan, karena biar bagaimanapun desainer grafis adalah manusia biasa yang tentunya rezekinya juga tentu manusia biasa juga.

Tidak serta merta jika seseorang menjadi desainer grafis maka akan banyak duit, tidak demikian, hanya kebetulan saja nama profesinya keren yaitu desainer grafis.

Bahkan seorang artis jika lama tidak mendapatkan job, tentunya dia juga tidak punya uang, apalagi desainer grafis.

Desain Grafis Bukan Desain Gratis

Tapi terkadang admin juga berpikir, kita ini hidup di Indonesia, dimana kehidupan bersosial adalah hal yang sangat dijunjung tinggi, salah satu contoh admin memiliki tetangga, dia selalu membersihkan selokan di jalan-jalan, jika ada kegiatan dia selalu yang membantu menyiapkan dan membereskan, dan dia sama sekali tidak memikirkan soal uang, yang penting ada segelas kopi maka semua kegiatan akan menjadi ringan.

Cerita di atas bukan berarti admin mendukung mereka yang minta desain gratis ya, sejujurnya admin juga tidak terlalu suka orang yang seperti itu.

Tapi begini, jika yang meminta desain gratis itu adalah teman kita atau tetangga, apalagi Pak RT maka ada baiknya kita buatkan, toh jika kita ada masalah orang terdekatlah yang akan lebih dulu membantu kita, maka tidak ada salahnya jika menolong orang yang terdekat pula kan. Karena suatu saat kita akan memetik buah kebaikan yang kita tanam.

Dan biasanya mereka yang minta di buatkan desain gratis itu adalah orang yang kurang berkecukupan secara finansial, maka ada baiknya kita buatkan desain gratis untuk dia, memang kita tidak mendapatkan uang, tapi kita mendapatkan yang jauh lebih dari itu, yaitu persahabatan dan tentunya pahala.

Tapi lain cerita jika yang memintanya itu adalah orang yang hidupnya mapan dan berkecukupan, dan dia minta di buatkan desain untuk keperluan yang menguntungkan, itulah yang harus kita tegur, tapi jangan sampai baku hantam ya.

Untuk admin pribadi belum pernah mengalami hal itu, dan admin rasa hal itu jarang sekali terjadi. Jika berhubungan dengan bisnis, tentu mereka juga akan berfikir untuk tidak meminta desain gratis, tapi yahhh admin yakin pasti ada saja orang yang pelit seperti itu. Ini dunia apapun bisa terjadi.



Desain Grafis Bukan Desain Gratis

Kenapa Orang Minta Desain Gratis?

Disini admin akan sedikit menganalisa, karena salah satu hobi admin yang lain adalah menganalisa, jadi begini, untuk memecahkan suatu masalah kita jangan langsung mencari bagaimana pemecahan masalah tersebut, tapi cari dulu apa yang menyebabkan masalah itu bisa terjadi, jika sudah ketemu sebabnya maka akan dengan sendirinya kita akan menemukan solusi dari masalah tersebut.

Tapi tentu saja tidak mudah, sangat-sangat tidak mudah. Jika sudah menyangkut dengan seseorang maka akan selalu lebih sulit. Tapi, mari kita jabarkan masalah ini.

Kebiasaan Gotong Royong

Bagi kehidupan masyarakat Indonesia kata gotong royong merupakan kata kunci untuk menjadi ciri khas negeri kita ini, bagaimana tidak? dalam masa perjuangan kemerdekaan kata gotong royong ini selalu di gembar gemborkan untuk memupuk semangat masyarakat kita.

Setelah kita meraih kemerdekaan gotong royong tidak hilang, namun tetap melekat dalam sanubari masyarakat Indonesia, yaitu gotong royong untuk membangun negeri Indonesia ini. Dan tentu saja turun temurun kita diajarkan untuk gotong royong.

Lalu apa hubunganannya dengan desain gratis?

Tentu saja ada dan sangat berhubungan, mari kita telaah lebih jauh lagi. Gotong royong adalah suatu kegiatan dimana kita bersama-sama saling bahu membahu mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan yang sama. Sampai disini sudah benar.

Inilah cerdiknya orang Indonesia karena terlalu lama dijajah oleh Belanda, orang-orang yang minta desain gratis itu selalu menyebut-nyebut kata sakti ini, hanya saja tidak secara lengkap tetapi dipenggal sepenggal demi sepenggal.

Mereka selalu menyebut kalimat yang bisa membuat kita sebagai desainer grafis seperti terpacu melakukan sesuatu sesuai keinginan mereka, jika tidak maka kita dibuatnya merasa bersalah, dan kata kunci yang sering mereka ucapkan adalah “saling tolong menolong”, “membantu sesama teman” atau “untuk persahabatan” dan seterusnya yang semacam itu.

Sekilas mereka memang benar, tapi jika tujuan mereka hanya untuk kepentingan dan keuntungan pribadi semata, maka mereka telah menyalahgunakan doktrin atau kalimat sakti gotong royong ini, ini salah satu bobrok bangsa kita karena terlalu lama dijajah Belanda.

Kenapa jadi ke Belanda ya?

Seperti yang sudah admin jelaskan di atas, kita harus mencari akar permasalahannya kan hehe.

Memanfaatkan Rasa Gak Enakan Desainer Grafis

Ini adalah salah satu pintu masuk para peminta desain gratis ini. Seseorang yang memutuskan untuk menjadi desainer grafis salah satunya adalah karena hobi, karena si peminta desain gratis ini tau bahwa desain grafis adalah kesukaannya, maka mereka berpikir, untuk apa membayar untuk sesuatu yang mereka suka dan mudah untuk mereka.

Ho hoo hooo, mereka tidak memperhitungkan alat-alat, listrik dan lain sebagainya.

Bukankah desainer grafis harus memiliki laptop/PC, bukankah itu semua harus dibeli, lalu bagaimana dengan listrik, apa tidak masuk dalam hitungan, walaupun hobi tentu saja memerlukan modal.

Kamu bisa sampaikan kalimat di atas untuk mereka yang meminta desain gratis.

Sejauh admin menganalisa, 2 hal itulah akar permasalahan kenapa seseorang meminta desain gratis, dan tidak terlepas dari sejarah juga, karena ada campur tangan Belanda dalam pembentukan karakter masyarakat kita.

Solusi

Seperti yang sudah admin jelaskan di atas, ada baiknya juga kita membuatkan desain gratis untuk mereka yang memang membutuhkan, bukan hanya uang yang bisa kita pakai untuk sarana memberi, bisa apa saja termasuk desain gratis. Karena, desainer grafis belum bisa disebut sebagai seorang desainer grafis jika belum memberikan desain gratis kepada seseorang. Hehe.

Ikhlas...Ikhlass...Ikhlasss.

Selalu Ada Bonus untuk Kamu yang Ikhlas

Ngomong-ngomong, admin sedikit menganalisa lagi nih, sepertinya kalian menginginkan mentahan Makasih Rupiah di atas kan, hayo ngakuuu, tenang  saja admin akan berikan untuk kalian, silakan download.

Desain Grafis Bukan Desain Gratis