Widget HTML #1

8 Sertifikasi Desain Grafis untuk Meningkatkan Karir

8 Sertifikasi Desain Grafis untuk Meningkatkan Karir

Untuk bekerja dalam industri desain grafis, harus memiliki pengetahuan tentang konsep, perangkat lunak dan peralatan yang menuunjang untuk menjadi seorang desainer grafis.

Salah satu cara agar mendapatkan pengetahuan lebih tentang desain grafis adalah melalui kursus sertifikasi desain grafis. Mempelajari banyak program sertifikasi desain grafis dan pilih satu atau terapkan semua agar dapat membantu meningkatkan karir menjadi desainer grafis.

Dalam artikel ini, akakn mengulas manfaat mendapatkan sertifikasi desain grafis dan mencantumkan delapan opsi sertifikasi yang dapat kamu gunakan.

Beberapa manfaat mendapatkan sertifikasi desain grafis, seperti:

Mendapatkan pelatihan dasar

Program sertifikasi desain grafis dapat memberi kamu pengetahuan dasar yang mungkin berguna jika kamu mencoba memulai karir di bidang desain grafis. Melalui program pelatihan dasar ini, kamu dapat mempelajari teori dan prinsip dalam desain grafis dan bagaimana menerapkannya dalam pekerjaan kamu. walaupun mungkin untuk mempelajari topik ini sendiri, pasti lebih mudah dan lebih berpengaruh untuk mempelajarinya melalui kursus yang terstruktur.

Mengembangkan portofolio kamu

Kursus desain grafis juga dapat membantu kamu mengembangkan portofolio kamu sendiri. Saat kamu melamar ke sebuah perusahaan dengan posisi sebagai desainer grafis, banyak perusahaan ingin melihat contoh pekerjaan kamu sebelumnya. Dalam kursus sertifikasi, kamu biasanya memiliki kesempatan untuk menyelesaikan proyek pertama kamu dan meminta para ahli mengevaluasinya.

Meningkatkan resume kamu

Jika kamu sudah bekerja dalam industri desain grafis tetapi ingin mendapatkan promosi atau jenis pekerjaan lain, kamu mungkin memerlukan pelatihan tambahan. Kursus sertifikasi desain grafis dapat melengkapi pengetahuan kamu dan dapat membantu kamu menunjang karir yang lebih baik.

Kamu dapat mencantumkan sertifikasi di resume kamu untuk menunjukkan kemahiran kamu kepada calon pemberi kerja. Jika kamu seorang profesional tingkat pemula, kamu juga dapat mengambil kursus desain grafis untuk menambahkan keterampilan ke resume kamu.

8 Sertifikasi desain grafis untuk dipertimbangkan

Berikut adalah delapan pilihan untuk sertifikasi desain grafis, seandainya kamu seorang yang pemula atau ingin mencoba untuk meningkatakan karir kamu:

Asosiasi Bersertifikat Adobe (ACA)

Sertifikasi Adobe Certified Associate adalah kredensial yang diakui industri yang menunjukkan bahwasanya seorang profesional mempunyai keterampilan desain grafis tingkat pemula. Beberapa sertifikasi yang tersedia dalam program ini, masing-masing sesuai dengan aplikasi perangkat lunak yang berbeda.

Mendapatkan salah satu dari sertifikasi ini menunjukkan bahwa kamu memiliki kecakapan dalam aplikasi perangkat lunak Adobe tertentu, keterampilan manajemen proyek dasar dan pengetahuan tentang prinsip-prinsip desain grafis. Untuk mendapatkan sertifikasi ini siswa harus lulus ujian yang terkait dengan perangkat lunak tersebut. Ujian berlangsung sekitar 50 menit dan menguji keakraban siswa dengan fitur perangkat lunak yang sangat penting.

Spesialisasi Desain Grafis

Kursus dari CalArts sampai Coursera ini mengajarkan siswa keterampilan dasar yang berkaitan dengan desain grafis. Ini adalah sertifikasi yang baik bagi mereka yang ingin memulai karir dalam industri desain grafis karena mengajarkan dasar-dasar yang diperlukan untuk memulai.

Semua materi kursus tersedia secara daring, dan siswa dapat menyelesaikannya dengan kemampuan mereka sendiri. Disarankan untuk belajar tiga jam per minggu dalam kursus ini, yang membuatnya membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikannya.

Walaupun tidak memerlukan pengalaman dalam desain grafis untuk program sertifikasi ini, akan sangat membantu jika kamu memiliki pengetahuan tingkat pemula tentang program Adobe Creative Suite.

Spesialisasi Desain UI/UX

Penawaran program pelatihan lain dari CalArts melalui Coursera adalah Spesialisasi Desain UI/UX. Dalam pelatihan ini, siswa akan belajar bagaimana membawa pendekatan desain-sentris menuju desain pengalaman pengguna. Hal ini mencakup semua tahap proses pengembangan UI/UX, termasuk menyelesaikan penelitian pengguna dan menentukan strategi dan mengembangkan gambar rangka.

Ini juga merupakan sertifikasi yang baik untuk dikejar jika kamu tertarik dengan karir terkait yang melibatkan pengembangan situs web dan aplikasi atau pemasaran. Tidak diperlukan pengalaman sebelumnya untuk mendaftar di kursus daring ini. Pada jam pelajaran yang direkomendasikan lima jam per minggu, siswa biasanya berharap untuk menyelesaikannya dalam waktu sekitar empat bulan.

Sertifikat Profesional Desain UX

Sertifikat Profesional Desain UX adalah kursus daring yang disediakan melalui Coursera. Semua materi kursus sepenuhnya daring, termasuk kuliah, tugas, dan bacaan. Kursus ini gratis untuk didaftarkan, tetapi kamu harus membayar untuk mendaftar ke Coursera untuk mendapatkan sertifikasi kelulusan. Waktu untuk menyelesaikan kursus tergantung pada komitmen waktu kamu, tetapi banyak pengguna menyelesaikan program dalam waktu kurang dari enam bulan dengan studi paruh waktu.

Lewat program sertifikasi ini, kamu dapat mempelajari dasar-dasar yang dibutuhkan untuk pekerjaan tingkat pemula dalam desain UX. Program sertifikasi ini juga mengajarkan kamu cara menggunakan aplikasi perangkat lunak umum untuk desainer UX. kamu biasanya tidak memerlukan pengalaman sebelumnya untuk mendaftar di kursus ini.

Elemen Desain Grafis untuk Spesialisasi Non-Desainer

Kursus daring dari University of Colorado Boulder ini mengajarkan dasar-dasar elemen desain grafis. kamu dapat mempelajari sejarah industri desain grafis dan konsep inti seperti keseimbangan, keselarasan, kontras, dan kedekatan. Itu juga dapat mengajari kamu cara menggunakan ruang kosong dan bekerja bersama profesional kreatif lainnya. Selain itu, kursus ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengalaman praktis dengan alat desain grafis populer.

Sertifikat Desain Grafis

Saat kamu mendaftar di program sertifikat desain grafis dari Pratt Institute, kamu dapat mempelajari topik-topik seperti elemen desain dasar, tipografi, dan desain merek. Selain itu, kamu dapat memperoleh kemahiran dengan beberapa aplikasi stkamur industri. Sekolah mengajarkan program sertifikat ini secara langsung di New York City. Selain itu sertifikasi Desain bisa didapatkan secara daring, saat banyak sekali kursus daring yang menyediakan pelatihan tersebut.

Sertifikat Profesional dalam Desain Grafis

Sertifikat desain grafis ini, yang ditawarkan secara daring melalui Sessions College, dapat mempersiapkan siswa untuk berkarir di bidang desain grafis. Melalui program ini, kamu dapat mengembangkan portofolio profesional kamu, menerima umpan balik dari para ahli, dan mengembangkan keterampilan desain grafis. kamu juga dapat menyelesaikan program ini sesuai keinginan kamu, dan banyak siswa menyelesaikan seluruh kursus dalam waktu kurang dari sembilan bulan, tergantung pada berapa jam per minggu mereka bekerja.

Sertifikat Desain Grafis dan Digital

Program sertifikat desain grafis dan digital dari Parsons School of Design ini terdiri dari delapan kursus yang dapat memberi kamu pemahaman menyeluruh tentang banyak topik yang berkaitan dengan desain grafis. Beberapa kursus tersebut antara lain:

  • Color theory
  • Digital graphics
  • Digital imaging
  • Typography
  • Communication and promotional design