Widget HTML #1

Cara Belajar Desain Grafis: Desain Grafis Canva, Laptop Desain Grafis 7 Jutaan

Cara Belajar Desain Grafis Desain Grafis Canva Laptop Desain Grafis 7 Jutaan

Apa Itu Desain Grafis

Desainer grafis membuat konsep visual, menggunakan perangkat lunak komputer atau dengan tangan, untuk mengkomunikasikan ide yang menginspirasi, menginformasikan, dan memikat konsumen. Mereka mengembangkan tata letak keseluruhan dan desain produksi untuk aplikasi seperti iklan, brosur, majalah, dan laporan.

Desain grafis adalah praktik menyusun dan mengatur elemen visual dari sebuah proyek. Mendesain tata letak majalah, membuat poster pertunjukan teater, dan mendesain kemasan produk adalah contoh-contoh desain grafis.

Cara Belajar Desain Grafis

Kamu bisa memulai dengan memahami dasar-dasar desain grafis, membutuhkan pemikiran kreatif, bakat terhadap seni dan desain, serta waktu dan dedikasi.

Desain grafis membutuhkan pembelajaran dan alat yang diperlukan, serta pemahaman dan penerapan prinsip dan teori desain.

Bakat, Keterampilan, dan Portofolio yang Baik Lebih Penting Daripada Gelar. Desain grafis adalah jalur karir yang bagus bagi mereka yang memiliki mata artistik dan menikmati proyek kreatif.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, gelar sarjana tradisional empat tahun tidak diperlukan untuk menjadi seorang desainer grafis profesional.

Aplikasi Desain Grafis Gratis

Jika kita berbicara tentang pekerjaan desain grafis di Indonesia pada umumnya, adalah yang biasa kita saksikan di pinggir jalan, mereka menawarkan jasa pembuatan stempel, sticker, sertifikat dan lainnya.

Nah, untuk membuat semua itu kebanyakan menggunakan Adobe Illustrator, Adobe Photoshop dan Corel Draw, dan itu semua adalah software berbayar.

Faktanya, kebanyakan dari mereka, menggunakan software bajakan yang tidak berlisensei resmi. Baik mereka usaha kecil maupun yang cukup besar. Mengingat harga lisensi yang cukup mahal sehingga membuat mereka tidak membeli lisensi resmi.

Tetapi jika kamu adalah orang yang memperhatikan hal ini dan hanya ingin aplikasi yang halal, tenang saja, masih ada yang benar-benar gratis, seperti:

Perangkat Lunak URL
Inkscape https://inkscape.org
GIMP https://www.gimp.org
Blender 3D https://www.blender.org
Canva https://www.canva.com

Keempatnya disediakan secara gratis dan tentu saja halal. Dengan demikian, pengguna dapat mengakses tanpa dikenakan biaya, dan dengan jaminan kehalalan yang sesuai dengan prinsip-prinsip agama.

Desain Grafis Canva

Cara Belajar Desain Grafis Desain Grafis Canva Laptop Desain Grafis 7 Jutaan

Apakah ingin menjadi desainer grafis? Desainer grafis dengan Canva. Tentu saja bisa.

Canva memungkinkan desainer menghabiskan lebih banyak waktu untuk mendesain dan lebih sedikit waktu untuk mengedit salinan dengan memungkinkan klien membuat sendiri revisi salinan kecil ini.

Dengan platform yang sepenuhnya online dan kolaboratif, klien kamu dapat mengakses dan mengedit desain melalui akun mereka atau melalui tautan yang dapat diedit.

Canva hadir untuk mewujudkannya, ubah imajinasi menjadi desain dalam hitungan menit. Pada artikel ini admin akan memberikan 4 tips sederhana untuk mendesain menggunakan Canva:

Langkah Instruksi
1 Pilih dimensi yang tepat untuk desain kamu.
2 Pilih latar belakang.
  • Warna latar belakang.
  • Foto latar belakang.
3 Tambahkan elemen kamu.
4 Pilih font yang tepat.

Bonus 5000 kutipan instagram:

5000 Kutipan instagram yang dapat diedit di Canva
5000 Kutipan Instagram

Kamu tidak perlu belajar selama ratusan atau ribuan jam untuk menjadi ahli dalam desain grafis Canva. Tapi, seperti banyak hal dalam kehidupan, kamu akan menjadi lebih baik dengan latihan, bisa karena terbiasa.

Jadi jangan berkecil hati kalau desain pertamamu tidak berjalan dengan sempurna. Teruslah berlatih. Dan, jika kamu ingin mengambil kemampuan desainmu ke level berikutnya dengan fitur-fitur eksklusif, coba lah Canva Premium sekarang.

Bergabunglah dengan Canva Premium dan nikmati manfaatnya untuk mengembangkan kreativitasmu dengan lebih mudah dan efisien.

Daftar Canva Premium

Desain Grafis Indonesia

Berbicara tentang desain grafis Indonesia setidaknya ada satu organisasi tertua di Indoneisa, mereka adalah Desain Grafis Indoneisa atau DGI. Kamu bisa melihatnya di DGI.OR.ID.

Melansir dari website DGI.OR.ID - DGI didirikan oleh Hanny Kardinata pada tahun 2007 tanggal 13 bulan Maret. Cita-cita DGI adalah membuat sebuah museum Museum Indonesia (MDGI) dan mempersatukan para desainer grafis Indonesia dalam satu wadah yang terstruktur.

DGI berperan sebagai pusat data, kajian dan media informasi desain grafis di Indonesia, Agar generasi muda desainer grafis Indonesia memiliki rujukan akan perjalanan dan sejarah.

Desainer Grafis Indonesia

Master desainer grafis Indonesia yang terkenal mungkin kalah terkenal dengan personil K-POP, buat kamu yang sedang mendalami desain grafis wajib nih mengetahui master desain grafis indonesia, para master desain grafis Indonesia:

  • Andre Surya

  • Bayu “Bayo Gale” Santoso

  • Christiawan “Chris” Lie

  • Danton Sihombing

  • Henricus Kusbiantoro

  • Lucia C. Dambies

  • Marsha Chikita

  • Melissa Sunjaya

  • Rini Sugianto

  • Yolanda “Yo” Santosa

Bagaimana, pasti asing di telinga bukan? Sekarang setidaknya kamu sudah mengetahui nama master desainer grafis Indonesia ya.

Laptop Desain Grafis 7 Jutaan

Mencari laptop yang akan digunakan untuk desain grafis bisa menjadi tantangan tersendiri dan berbeda dengan membeli laptop untuk penggunaan umum kantor.

Untuk desainer grafis yang serius, admin merekomendasikan Nvidia GTX 1650 atau lebih baik GTX 1660 yang akan membuat kinerja PC atau laptop kamu tetap baik untuk waktu yang lama.

Tetapi, untuk penggunaan ringan, memakai yang di bawah standar di atas sebenarnya masih mumpuni, hanya butuh kesabaran jika sewaktu-waktu laptop mengalami macet.

Mengunakan RAM yang cukup pada laptop desain grafis itu penting. Kamu memerlukan kekuatan untuk mengoperasikan beberapa program yang menguras memori dengan mulus agar tetap produktif.

Jika pekerjaan kamu sebagian besar mengerjakan 2D ringan, kamu bisa membeli laptop menengah ke bawah seperti yang admin rekomendasikan di bawah ini:

Dell Latitude 3420

14.0” HD (1366 x 768), anti-glare, non-touch, 45% NTSC, 220 nits, twisted nematic
Intel® Core™ i3-1115G4 Processor (Cache 6M, up to 4.10 GHz)
4GB (1x 4GB) SODIMM DDR4, 3200 MHz
256GB M.2 PCIe NVMe Class 35 SSD
Intel® UHD Graphics
Microsoft® Windows® 11 Home (English) 64 Bit

Lenovo IdeaPad Slim 1 14ALC7

Processor: AMD Ryzen 3 5300U (4 Cores / 8 Threads, base clock 2.6GHz / Max up to 3.8GHz, Cache 2MB L2 / 4MB L3)
Graphics: Integrated AMD Radeon Graphics, Share CPU TDP, DirectX® 12
Monitor Support: Up to 2 independent displays (native display and 1 external monitor via HDMI®)
HDMI supports up to 3840x2160@30Hz
Chipset: AMD SoC Platform
Memory: 8GB Soldered DDR4-3200

ASUS VIVOBOOK A416JAO FHD

Intel Core I3 1005G1
RAM 4GB / Upgraded 8GB DDR4
256GB SSD
VGA Intel UHD Graphics
Screen 14" FHD TN
Keyboard BACKLIT

ACER ASPIRE 5 SLIM A514-54G-32GF

Aspire 5 Slim (A514-54G)
Powered By 11th Gen Intel Core
Intel Core i3-1115G4 processor
Nvidia GeForce MX350 (2 GB)
8 GB DDR4 Dual Channel (4GB onboard, 4GB)
512 GB SSD NVMe

Xiaomi Redmi Book

Unit Pemrosesan Inti Intel® Core™ i3-1115G4 Generasi ke-11, frekuensi 3.0~4.1GHz, 2-core/4-thread, L3 6MB
Intel® Graphics UHD
Windows 10 Home, dilisensikan secara resmi oleh Microsoft
RAM 8GB DDR4 3200MHz memori kecepatan tinggi, 512GB PCI-E Solid State Drive (SSD)
15.6", 16:9 rasio, 1920*1080p FHD, dengan Peredupan DC
Abu-abu Arang

HP Laptop 14s-fq0564AU

Color: Natural silver
Processor :AMD Athlon™ Gold 3150U (2.4 GHz base clock, up to 3.3 GHz max boost clock, 4 MB L3 cache, 2 cores, 4 threads)
Display : 35.6 cm (14") diagonal, HD (1366 x 768), micro-edge, BrightView, 220 nits, 45% NTSC
Ram : 4 GB DDR4-2666 MHz RAM (1 x 4 GB)
Storage : 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
Graphics : AMD Radeon™ Graphics

HUAWEI MateBook D

Processor: 11th Gen Intel® Core™ i3-1115G4
Graphics: Intel® UHD Graphics
Memory: 8 GB LPDDR4X
Storage: 256 GB NVMe PCle SSD
Kapasitas aktual setelah pemformatan mungkin lebih kecil.
Battery: Capacity 56 Wh (rated capacity)

Baik demikianlah Cara Belajar Desain Grafis: Desain Grafis Canva, Laptop Desain Grafis 7 Jutaan. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.